Thursday, October 08, 2009

introducing MP-ASI to Enzo


Yay! Hari ini Enzo genap berusia 8 bulan. Dan aku baru nyadar, terakhir posting tentang Enzo adalah 3 bulan yang lalu, waktu Enzo berusia 5 bulan. Hhh.. such a bad mommy I am. Enzo mulai perkenalan sama MPASI-Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Sibuk bermesraan dengan Enzo, nyoba2 berbagai jenis makanan yang Enzo suka. Try and Error. So far Enzo suka bursu-bubur susunya, yaitu bubur beras merah dan bubur beras putih campur susu. Enzo juga suka bubur kacang ijo, disambung pisang, papaya and jeruk baby. Belakangan dicobain labu parang, kentang dan wortel, tapi gak tau deh, sepertinya Enzo belum begitu nge-tune sama sayur2an.

Waktu Enzo 7 bulan, Enzo saba kota, bersilaturahmi sama Mama Eyang di Jakarta sekalian berlebaran di sana. Tapi, berhubung Mama dapet cuti pas2an banget cuma 1 minggu, ya liburannya jadi agak2 maksa. Mama Eyang juga padet banget kegiatannya, dua hari sebelum lebaran udah sibuk di dapur. Banyak banget yang dimasak, kayak orang mu hajatan. Selain itu Enzo juga agak lama penyesuaian, maklum Jakarta lagi panas banget saat itu. Kulit Enzo sempet bruntus2 kena biang keringet. Tapi bagusnya, Enzo mandi pake air dingin kalo di Jakarta. Oh ya, Enzo juga sempet terjun bebas dari atas kasur. Udah banyak gaya sich kalo bobo, guling2 kesana kemari, jadinya ya jatoh… Pinggangnya sempet kecengklak, jadi agak rewel, maunya digendong Mama terus. Knowing that, Pop manggil Pak Solihin, tukang urut totok gitu, trus pegel2nya Enzo dan Mama dibetulin deh sama Pak Solihin itu, jadinya ya enak lagi badannya. Emang sih, waktu ditotok itu nyelekit2, Enzo juga merengek2 waktu ditotok kakinya, entah geli ato sakit, pokoknya rasanya pasti gak nyaman. Tapi setelah itu jadi nyenyak tidur, dan bangun tidur kuterus mandi deh, seger lagi.


Masuk 8 bulan, Enzo mulai pinter. Ada aja kebisaannya. Guling2, loncat2 kalo dipegangin tubuhnya, ngoceh2, juga bergaya kayang. Udah ngerti kalo ditinggal ngantor, maunya sama Mama terus. Kalo Pop mau pergi kerja Senin pagi pasti Enzo akan rewel malemnya, berasa beda. Sabtu Minggu bermain bersama Pop, eh Senin udah main sama Oma Opa kembali. Enzo sempet sakit, berat badannya sempet turun. Gara2nya Mama baru rotasi ke bagian Sales Expense, lalu Mama stress karena belum pinter ngatur pembukuan program2, subsidi dan pajak, jadinya Mama gak sempet pumping di kantor. Ya kalo kayak gitu caranya, stock ASIP Enzo berkurang dong di freezer. Sampe pada suatu hari stock ASIP Enzo bener2 habis dan Mama gak ada cara lagi ngasih Enzo ASI di siang hari. Terpaksa Mama buka tuh sufor Nan-HA back-up nya Enzo. Enzo gak begitu suka, tapi kepaksa diminum karena siang hari ASI gak ada. Mau nyari donor ASIP juga koq susah bener, minta tolong ibu2 di milist juga yang ada malah makin merasa bersalah karena gak sempet pumping. Mau pumping gimana kalo udah dipencet2 malah jadi sakit, lagi pula pikiran Mama lagi ruwet banget karena keracunan duit gara2 rotasi ke Sales Expense itu.

Tubuh Enzo nolak sufor, Enzo demam karena ususnya luka. DSAnya Enzo mendiagnosa kalo Enzo kena diare akut tanpa dehidrasi, berat badannya turun 400 grams. Akhirnya Enzo dikasih obat pembantu untuk nyembuhin luka di ususnya, plus antibiotic—yang dilepehin juga sama Enzo dan expired sendiri tanpa diminum. Namanya juga obat, pasti rasanya gak beres. Enzo juga brenti makan sayur dan buah, juga sufornya itu. ASI Mama aja yang dibetulin, begitu saran DSAnya Enzo. Mama akhirnya coba untuk get relax, minum sari kacang ijo, air putih hangat, dan Asifit. Sebenernya yang bikin ASI Mama pulih adalah ambil cuti dan liburan minimal atu minggu, tapi yasudahlah kondisi tak memungkinkan. 3 hari Enzo sembuh juga, loncat2 lagi seperti bisaa. Gak lama Enzo bisulan karena alergi susu sapi, bahkan susu sapi dengan protein terhidrolisa pun Enzo gak mau. Smart baby, ngerti juga kalo ASI Mama emang pilihan terbaik, yaiyalah secara Mama makanannya selalu yang bergizi dan enak2, beda sama sapi yang hanya makan rumput , hehe… Bisulnya Cuma bertahan 2 hari, karena Enzo hobby menyundul2kan kepalanya ke bahu Opa, akhirnya pecah sendiri dan badan Enzo jadi fit lagi. Ya makanya, di hari Minggu yang hujan ini Mama menghabiskan waktu bersama Enzo. Menyusuinya semau Enzo. Berusaha menebus kesalahan seminggu ini.

Mumpung lagi ujan gerimis, Mama berdoa biar minggu ini bisa pulang cepet dari kantor, gak banyak lembur kayak minggu lalu. Biar bisa punya waktu lebih banyak untuk Enzo dan istirahat biar ASInya deres lagi. Biar Mama punya banyak waktu untuk nyiapin MPASI sehat buat Enzo, gak pake yang instant mulu. Biar usus dan ginjal Enzo juga gak bekerja terlalu keras. Oh ya, Enzo ampir tumbuh gigi, sekarang kalo nenen gigit2 mulu. Mama jerit eh Enzo malah ketawa, dikira lucu. Nenen juga sekarang gak serius, maunya maen mulu. Masa nenen sambil ketawa2 sich, udah mulai nakal. Insya Allah minggu ini Enzo imunisasi DPaT yang terakhir, mudah2an lancar. Imunisasi terakhir kemaren Enzo merengek2 tuh, berasa mau disuntik kali ya, agak2 dendam sama si DSA. Mudah2an kali ini Enzo udah gak menyimpan dendam, happy ketemu DSAnya.

Btw, photo Enzo udah tayang di www.gallery.zaralde.com lho...

Selamat ulang bulan Enzo… Mwach!

No comments:

Post a Comment