Saturday, April 25, 2015

Laser CO2 di Erha Clinic




Sejak rutin lari pagi, makin lama di wajah saya terutama di seputar mata dan pipi tumbuh bintik-bintik hitam kecil seperti tahi lalat. Hal ini makin jelas terlihat setelah saya mengikuti Jakarta Marathon tahun lalu. Saya sudah melakukan perawatan dengan mengoleskan krim wajah, tapi memang tidak bisa langsung hilang begitu saja taburan meses-meses coklat di wajah ini. Skin aging (aging spot, freckles, ,melasma, skin tag, keratosis seboroik, dll) biasanya terjadi karena paparan sinar matahari, dan cara menghilangkannya yaitu dengan laser CO2. Saya ingin tindakan penyinaran ini dilakukan oleh dokter dan klinik/ Rumah Sakit terpercaya. Rumah Sakit bukan pilihan saya saat ini, karena agak sulit bagi saya untuk mencocokkan jadwal dokter dengan rutinitas saya sebagai homemaker; ditambah dengan waktu mengantre di Rumah Sakit yang cukup lama. Setelah browsing dan berkonsultasi dengan beberapa teman, saya memilih erhaclinic Pondok Indah untuk mengatasi masalah bintik-bintik hitam ini. Saya mengambil paket layanan Erha Priority, jadi saya hanya perlu membuat janji dengan dokter pilihan dan tidak perlu mengantre. Yay!

 photo erhaclinic Pondok Indah by Fernando Gomulya


erhaclinic Cabang Utama Pondok Indah ini terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda No. 31 Jakarta Selatan. Untuk layanan Erha Priority hanya tersedia di Erha Clinic Pusat dan Cabang Utama. Saya membuat janji dengan dr. Shinta Damayanti, SpKK. Begitu datang saya langsung ditemani Mbak Resna, Supervisor on Duty saat itu, diantar ke ruangan VIP yang nyaman sekali, bisa sambil nonton TV dan disuguhi banyak camilan pula :) Setelah berkonsultasi dengan dr. Shinta, kami sepakat untuk mengatasi masalah skin aging ini terlebih dahulu, yaitu keratosis seboroik di sekitar mata dan pipi. Karena kalau untuk masalah jerawat, menurut dr. Shinta jerawat saya masih tergolong wajar, jadi bisa diatasi nanti setelah masalah dengan bercak-bercak hitam ini selesai.

Pertama kulit dibersihkan, lalu diolesi krim anestesi, dan dibiarkan sekitar 30-45 menit sampai kulit wajah terasa kebal. Setelah itu, saya diantar ke ruangan tindakan untuk penyinaran. Proses penyinarannya berlangsung sekitar 15-30 menit saja. Karena tidak semua bintik hitam saya minta untuk dihilangkan, hanya beberapa sekitar 7-10 bintik hitam yang agak besar dan jelas. Untuk bintik-bintik yang ada di sekitar kelopak mata, karena kelopak mata tidak ikut diberi krim anestesi, tidak saya minta untuk disinar. Saya takut sakit soalnya hehehe... Rasanya seperti terkena percikan minyak panas saat menggoreng ikan. Ih, ibu-ibu banget sih ya, analoginya. Oke deh, saya ralat. Rasanya seperti terkena percikan kembang api. Panas dan perih sedikit. Selama disinar, mata saya ditutup perban. Setelah selesai, wajah saya dikompres kapas basah lalu dibersihkan dan diolesi krim antibiotik. Selama proses penyinaran, dr. Shinta sangat komunikatif dan menenangkan, begitu juga dengan para perawat yang mendampingi, semuanya ramah dan komunikatif.

 
 
Saya lalu diantar kembali ke ruangan, dan menerima obat berupa Mupicor Cream dan Erha2 Facial Wash. Total biaya yang dikeluarkan untuk satu kunjungan ini Rp2.822.300 (sudah termasuk biaya administrasi Rp15.000 dan biaya konsultasi VIP Rp450.000). Mungkin untuk biaya laser CO2 nya sendiri, biayanya bervariasi tergantung kondisi wajah.


Di erhaclinic Pondok Indah ini terdapat Children's Room, jadi untuk seorang mama seperti saya tidak perlu kuatir kalau membawa anak. Kalau anak bosan menunggu dan menonton TV di kamar, anak-anak dapat bermain di Children's Room ini. Ruang tunggunya nyaman dan selain itu juga ada Food Corner yang menyediakan makanan dan minuman yang enak. Saya sempat mencicipi Macaroni Schotelnya, porsinya cukup banyak dan rasanya OK. 

Menurut dr. Shinta, bekas laser ini akan berbentuk bopeng (seukuran bintik hitam yang dilaser) dan akan menjadi luka yang terasa agak perih selama sekitar 1-2 minggu. Luka akan mengering dan berwarna hitam dan akan terasa gatal tapi tidak boleh digaruk karena luka akan mengelupas dengan sendirinya. Dalam waktu 3-4 minggu pasca laser CO2, biasanya kulit sudah pulih dan kembali normal; tapi bila dalam 4 minggu itu ada keluhan, saya diminta kembali lagi untuk kontrol. Bintik hitamnya sendiri akan memudar, dan bisa saja kembali menghitam. Jadi memang diperlukan perawatan yang rutin dan menghindari paparan sinar matahari langsung. Kita harus menjaganya dengan rajin minum air putih, makan buah dan sayur, membersihkan wajah, memakai sunblock, topi, sunglasses dan memakai pakaian yang tertutup dan nyaman bila harus keluar dan berurusan dengan sinar matahari, misalnya berolahraga outdoor.
OK deh, semoga luka bekas laser ini cepat pulih dan nggak ada keluhan yang serius. 
Kita lihat 2 minggu lagi, bagaimana perkembangannya. 
Semoga kulit wajah ini makin sehat dan segar deh ya. Aamiin :)

3 comments:

  1. Mbak pliss dijawab ya. Aq ada smacam entah itu kutil atau tahi lalat warna coklat . Awalnya aq biarin tapi aq perhatikan tiap Bulan kok rasanya kok nyebar gitu di area wajah. Apa bisa ya mbak erha clinic mengatasi masalahku? Soalnya lumayan ganggu juga kalau banyak hitam hitam gitu di wajah

    ReplyDelete
  2. Hallo salam kenal...sy bantu jawab ya...sy abis laser c02 jg krn ada semacam tahi lalat yg awalnya kecil jd membesar kdg gatal ternyata itu kutil bhs awamnha bhs kedokterannya entah apa rumit.com...stlh laser c02 skrg msh perawatann n msh bintik 2 htm,,, kena biaya 1juta krn cukup banyak aginb spot sporten dll bercak htm ky gt plus tahi lalat yg ternyata kutil di perut ckp besar jd dianggap grade c.smga stlh satu minggu nampak hasilnya di perut dan wajah sy bebas sporten ...btw

    ReplyDelete
  3. Mbak, saya punya keluhan flek hitam di wajah sangat banyak hampir menutupi wajah malah. Ini flek genetik kata dokternya harus di laser. Erha aman gak ya mbak buat umur 18 tahunan seperti saya? Terimakasih

    ReplyDelete