Monday, June 03, 2013

Resep Sup Kacang Merah (Brenebon)



Kacang merah adalah salah satu bahan makanan kesukaan keluarga di rumah. Selain Es Kacang Merah/ Ogura , kacang merah juga dapat diolah menjadi sup kacang merah atau sup brenebon (bruine = coklat, bonen = kacang merah).
Brenebon adalah masakan khas Belanda yang diadopsi oleh masyarakat Indonesia bagian timur yang berupa sup yang terbuat dari kacang merah dengan bumbu sup dan daging. Saya menggunakan daging sapi untuk sup brenebon ini.


Bahan:

500 g kacang merah
500 g tulang iga sapi berdaging

Bumbu:
2 buah pala, memarkan
4 buah cengkih
4 batang daun bawang, potong-potong
3 batang seledri, ikat jadi satu
5 siung bawang merah, iris halus
2 siung bawang putih
Margarin untuk menumis
Merica, Garam dan Gula secukupnya

Bahan Tambahan:
1  buah tomat, belah empat
2  buah wortel, potong bulat tipis
2  buah kentang, potong dadu

Cara membuat:
1. Bersihkan kacang merah, rebus sampai matang, rendam selama 1 malam.
2. Cuci iga sapi dan rebus sampai matang.
3. Masukkan kacang merah yang telah direbus dan diredam selama 1 malam.
4. Tumis bumbu dan masukkan pala dan cengkih, garam dan gula, kemudian daun bawang dan seledri.
5. Goreng bawang merah dengan margarin, setelah matang, tuang bersama margarinnya ke dalam sup.
6. Bila daging sudah terpisah dari tulang iga, matikan api dan angkat untuk dihidangkan.




Catatan:
- Agar sup brenebon menjadi kental, haluskan sebagian kacang merah dan kentang, lalu dimasukkan kembali.
- Karena saya tidak menggunakan cabe rawit, maka saya menggunakan wortel dan tomat agar warna supnya tidak terlalu keruh.
- Saya tidak menggunakan kentang ke dalam sup, karena kentang dapat menghambarkan rasa sup. Jadi saya mengolahnya menjadi perkedel kentang dicampur sisa daging sapi.
- Saya tidak menggunakan cengkih, saya menggantinya dengan kayu manis.







No comments:

Post a Comment