Monday, November 16, 2009

tadaaa...!!


 

this is my friday klappertaart pudding for my sexy huby.
it's mbak yetty who wants me to share the recipe.
iiih.. maluuuu... soalnya ini klappertaart yang bener2 made with love. ahaha...
yuuuk.. mariee... 



siapin bahan-bahan ini:
10 buah kelapa muda

kacang kenari, direndam air panas, dikupas, dicincang (biasanya kenari untuk topping, tapi aku sukaaa banget kenari manado, jadi dipake buat bahan dasar)
beberapa gr tepung terigu (eh, iyaaa...kira2 aja yaa..sesuai selera)
beberapa gram tepung maizena
3 sachet agar2/ nutrijell
1 kaleng susu kental manis (iyaa.. aku emang suka yg manis2...)
beberapa sendok vanili
1 bungkus blue band margarine
beberapa sendok gula pasir
9 butir kuning telur
5 butir putih telur
beberapa ml rhum



berperan sebagai topping:
putih telur dimix dengan beberapa sendok gula pasir, bisa juga pake whip cream
bubuk cinnamon ditabur secukupnya; karena bubuk cinnamon di dapur udah expired, dan gak ada coklat bubuk, maka eka pake kopi bubuk
100 gr kismis, rendam air panas sebentar, tiriskan; berhubung kismis abis; eka pake red cherry dan pala manis manado yang dicincang (hihihi.. iyaa.. ngarang...)



mari kita buat:


  • Kerok kelapa muda dengan sendok, kulit ari jangan sampai terkerok. Sisihkan.



  • Campurkan tepung terigu, tepung agar2/nutrijell dan maizena dengan air kelapa muda hingga larut (air kelapa mudanya secukupnya aja ya tergantung selera, eka pake air kelapa muda 5-6 kepala, sisanya diglek-glek; nah loh...).



  • Campur semua bahan, kecuali rhum, dalam panci. Nyalakan kompor dengan api kecil. Aduk-aduk adonan hingga tercampur rata. Tunggu sampai fase mendidih awal, yaitu ketika adonan telah meletup pertama kali. Matikan api.



  • Aduk-aduk lembut hingga dingin. Tambahkan rhum. Aduk rata.



  • Tuangkan klappertaart dalam loyang atau cup-cup kecil. Diamkan (dicuekin biar agak2 dingin).



  • Setelah suasana agak mendingin oleskan topping; putih telur/whip cream dioles rata, taburkan bubuk cinnamon/kopi/coklat, taburkan kismis/red cherry/pala manis.



  • Loyang/cups dicuekin lagi sampe mendingin, lalu panggang dalam oven kira2 30 menit (iya, setelah di aduk2 dalam rebusan adonan dipanggang juga dalam oven)



  • Setelah dipanggang didiamkan lagi, hingga suhunya turun (klappertaart ini memang nasibnya selalu dicuekkin pada masa pembuatannya).




  • alesan2 penting:
  • Adonan diaduk searah, pelan2, biar gak pecah.



  • Setelah meletup2 lembut, api langsung matikan, biar adonannya gak pecah. Nah, eka pake bubuk agar2/nutrijell ini untuk menyiasati (wanita yg penuh muslihat yaaa..) kalo-kalo terjadi perpecahan dalam adonan (halaaah..) klappertaartnya masih tetep bisa dimakan, karena sayang aja kalo gak kemakan.. haha



  • Bahan dasar klappertaart adalah kelapa muda. Pilih kelapa muda yang benar-benar muda tapi sudah berdaging, yang masih mudah dikerok dengan sendok. Nah, siasat kedua adalah mencampurkan kenari bersama2 dengan kelapa muda, agar kalo kelapa mudanya kurang muda atau kurang berdaging, ada kriuk2 dari kacang kenari ini untuk mengalihkan perhatian. haha lagi.. (males banget kan kalo lagi makan tiba2 ada yg nyeletuk "kurang pas kelapanya")



  • Direbus dan dipanggang memakai tepung agar2 ini memudahkan untuk memakannya; kalo suka disajikan hangat, bisa dipanggang lagi, tapi kalo suka disajikan dingin bisa bertahan lama di kulkas. 





  • Nah, begitulah kisahku dalam memasak klappertaart di hari jumat kemarin. gak seru kaaann....???

     





    No comments:

    Post a Comment