Friday, November 06, 2009

happy breastfeeding


tengah malam, dante bergerak2 gelisah, merengek sedikit, mencari2 dada mama dengan mata terpejam dan bibir keriting. lucu sekali. masya Allah, ngantuk sekali. tapi ini ibadah, semoga ikhlas dan mendapat ridho Allah. amin...

saya senang menyusui anak2 saya, i won't regret it.

nenek menyusui ibu, dan ibu menyusui kami anak2nya, jadi tidak ada alasan bagi saya untuk tidak menyusui anak2 saya.

menyusui adalah perintah Allah, tercantum dalam al quran surat al baqarah ayat 233.

"Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan pernyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang maruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu bila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertaqwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. 2:233)

menyusui adalah ibadah, melakukannya dengan ikhlas maka pahala yang didapat akan melimpah.
pahala di dunia juga pahala di akhirat, insya Allah.

asi sangat penting. dalam ayat 233 tsb dijelaskan, menyusui disempurnakan hingga usia 2 tahun.
ibu menyusui dengan ikhlas dan cara yg baik; baik untuk ibu dan anak, termasuk posisi dan teknik2 menyusui.
ayah membantu dengan memberi makanan dan minuman kaya gizi juga memfasilitasi ibu dan anak agar sukses menyusui; termasuk membelikan pakaian menyusui yg nyaman, nursing apron yg keren, pompa asi yg berkualitas, juga mijitin si ibu.
-ahaha..bisa aja-
dan bila karena berbagai faktor si ibu tidak memungkinkan menyusui si bayi, maka carilah seseORANG untuk menyusui bayi kita. Nabi Muhammad SAW pun disusui oleh Halimatussya'diyah; bukan oleh sapi atau unta arab. saat inipun pendonor asi banyak jumlahnya.
al-quran tidak menganjurkan kita mencari sapi, kambing, kerbau atau kuda besar dan sehat untuk menyusui bayi kita. al-quran menganjurkan kita untuk mencari pendonor asi, yg gratisan ataupun dapat kita beri upah. dan sebenarnya, bila manajemen laktasi dan teknik2nya sudah kita pelajari, kita ga akan perlu donatur.

tidak ada alternatif lain selain asi. susu formula bukanlah pilihan. iklan susu formula yg menarik dan sporadis di berbagai media hanyalah pembodohan massal. asi ya asi, tidak pantas disejajarkan dengan sufor kelas 1, 2, dst.

hak bayi untuk mendapat asi dan kewajiban orang tua untuk memberi asi sudah sejak lama dilindungi oleh islam melalui al-quran dan hadist. no doubt.

semoga kita termasuk ke dalam golongan orang2 beriman yg berniat ikhlas menjalankan perintah Allah untuk memberikan yg terbaik untuk anak2 kita. semoga Allah meridhoi.

have a very happy breastfeeding, wonderful parents!

<3

No comments:

Post a Comment