Tuesday, July 11, 2006

Musim Kawin

“Nih! Dateng ya, bawa angpo yang bayak. Trus ini gua titip buat anak2 ya say..” Dina si cerewet itu menyerahkan undangan berwarna biru kepada Gita.


Gita mengamati undangan pernikahan Dina dan Dodi, tampak keduanya sangat bahagia di undangan yang lebih mirip album photo itu. Mereka berphoto dengan berbagai pose dan berbagai kostum, di berbagai lokasi pula; di sawah, di alang-alang, di tumpukan bebatuan, di rel kereta api, di pantai dan di kebun binatang. Hmm… dasar narsis couple, pikir Gita.

“Booo… ini nitip apa buang sampah? Ini mah undangan buat orang se-RT tauuu… Kasiin sendiri napa? Mustinya lo Di yang ngasi gua angpo…” Gita bercereceh sambil menimang2 tumpukan album photo, eh undangan pernikahan itu.

“Minta tolong dikit aja say… Pengennya sih gua ma Dodi yang nganterin langsung tu undangan ke anak-anak. Tapi ya bagaimana mungkin, secara gua kerja di Bogor dan Dodi kerja di Jakarta, anak-anak yang di undang di Bandung semua. Kita berdua libur cuma Sabtu-Minggu, abis itu balik lagi ke habitat masing-masing. Gua udah minta tolong adek gua si Anna buat bantu sebarin undangan, tapi dia juga lagi sibuk banget ngejar2 dosen pembimbing skripsinya, selain itu dia juga ikut ngurusin pager ayu dan pager bagus plus pakaian buat among tamu segala… Emang sih, pernikahannya masih dua minggu lagi, tapi gua takut kalo dientar-entar gua malah makin sibuk dan ga sempet nyebarin undangan. Makanya say.. bantuin dong… Lo kan rumahnya di tengah kota, jadi anak2 pasti tiap hari lewat sini kan kalo ngantor, ya sekalian mampir sini lah… Yah... yah… Pleaseeee….” Dina begging.

“Hmm… iya deh iya.. Betewe, sekarang kayaknya emang lagi musim kawin ya? Jatuh miskin dong gua bulan depan. Musti nyiapin angpo buat nikahan lo, nikahan tetangga gua, dan… eh, lo tau kan Tania ma Pepen mu nikah juga? Kalo ga salah sih dua minggu setelah pernikahan lo. Akhirnya, mereka jadi nikah juga ya, selama pacaran bertahun-tahun…” Gita menerawang.

“Tau sih, dikit. Kemaren-kemaren Pepen sempet curhat, dia lagi sibuk-sibuknya kejar setoran, soalnya acara nikahannya kan bentar lagi, kejar tayang katanya. Oh, jadi ya nikahannya bulan depan? Gua sih belum dapet undangan… or… maybe gua ga diundang.” Dina sinis.

“Koq nadanya ga seneng gitu sih Di? Undangannya emang belum disebar koq… Kemaren malem Tania telepon gua, katanya rencananya sih nikahannya mu diadain gede-gedean gitu deh di Jakarta ma di Bandung. Tapi gua agak bingung juga sih kapan tepatnya pernikahan mereka, katanya sih liat aja di undangan. Masa sih lo gak diundang? Lo kan pren banget ma si Pepen.” Gita explaining.

“Yaaa… gak tau lah. Gua seneng lah liat temen sendiri bahagia. Tapi nih, tiap Pepen curhat ke gua tentang gimana ngos-ngosannya dia kejar setoran, gua gak tega aja ngeliatnya. Bukannya sinical Gi, tapi mungkin gua terlalu sayang sama Pepen. Tania itu kan dari kalangan socialite, Papa Mamanya pejabat, nah sedangkan Pepen dan keluarganya kan cuma common people. Gua sih ngeliatnya kayak gimanaaa… gitu, hubungan mereka di mata gua kayak yang ‘maksa’ gitu loh. Lagian menurut gua Tania tuh terlalu tuan puteri gitu deh, ga bisa hidup susah walopun who does, pokoknya ga cocok deh sama Pepen. Kalo lagi bareng Tania, Pepen tuh kayak bukan Pepen, dia jadi Pepen yang bukan sahabat gua.” Dina menjelaskan.

“Ah, tapi kan Tania bukan socialite macem itu Di, gua liat Tania bisa merakyat juga koq. Buktinya dia ngerti juga tuh naik angkot dari kampusnya ke rumah gua… Hehehe…”

“Ya mudah2an sih. Tapi menurut gua, tuan puteri ya tetep tuan puteri…” Dina keukeuh.

Gita sebel juga dengernya. Sama temen sendiri koq Dina begitu ya? Mungkin gara-gara stress mu nikah kali ya?

“Di, nikahan lo koq jauh amat tempatnya? Kenapa gak di rumah lo aja? Kan rumah lo nun jauh di mato itu juga asik pemandangannya. Tapi peta lokasinya entar musti jelas sejelas-jelasnya, kalo nggak, tamu undangan ntar kesasar semua.” Tanya Gita mengalihkan pembicaraan yang mulai gak enak.

“Eh, pake nyela2 lokasi rumah gua segala. Mentang2 rumah di tengah kota lo ah, emang kenapa kalo rumah gua di atas bukit?” Dina malah tambah sewot.

Susah deh becanda ma calon manten. Lagian sapa juga yang nyela lokasi rumah lo? Maksud gua, rumah lo yang di atas bukit itu kan jauh juga, ya sama aja lah sama café Kebun Kita ini. Lagian, pemandangan dari halaman rumah lo juga gua rasa lebih bagus dari pada café Kebun Kita.” Gita memberi alasan aman biar gak kena semprot calon pengantin lagi.

“Soal view sih emang bisa diadu say… Tapi kalo diadain di rumah tampak ribet banget Gi. Selain itu, kasian tamu-tamu juga, susah parkir di jalanan nanjak dan berbatu-batu gitu. Gua takut kendaraan mereka pada masuk jurang sebelah rumah gua… Hahaha…” Dina mulai lunak. “Lagi pula setelah survey ke beberapa tempat, paket pernikahan di café Kebun Kita emang yang paling hemat Gi. You know lah, ujung2nya kita musti nyesuain sama budget kita berdua. Maklumlah, gua ma Dodi kan gak pengen nyusahin ortu kita walopun mereka udah banyak bantu juga. Gua kan bukan anaknya Pak Arifin Hakim.” Dina menyebut nama Papa Tania di akhir kalimatnya. Sounds not good, tapi Gita paham sepaham-pahamnya.

Musim kawin memang bikin stress semua calon pengantin.

No comments:

Post a Comment