Saturday, May 07, 2016

Morinaga Siap Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini untuk Generasi Platinum Multitalenta




Sabtu, 2 April 2016 Morinaga dari Kalbe Nutritionals meluncurkan Gerakan #SiapCerdaskanBangsa melalui www.siapcerdaskan.com yang berisi informasi mengenai nutrisi dan stimulasi untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil.


Gerakan #SiapCerdaskanBangsa merupakan bentuk peran dan komitmen Morinaga untuk mewujudkan stimulasi dini dan nutrisi anak, dengan misi mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak Indonesia secara optimal. Gerakan #SiapCerdaskanBangsa persembahan Morinaga adalah rangkaian Seminar Edukasi Siap Cerdaskan SiKecil Sejak Dini di 15 kota dan Multiple Intelligence Experience Dunia Generasi Platinum yang akan berjalan di 12 kota di Indonesia sepanjang tahun 2016. Sebagai dukungan tambahan, demi meningkatkan pemahaman akan pentingnya pemberian stimulasi sejak dini, Morinaga mengadakan program 1 Juta Suara dimana setiap kunjungan ke microsite www.siapcerdaskan.com, akan dikonversi ke dalam nilai rupiah selama periode kampanye (April s/d Juni 2016) dan pada akhir periode, jumlah klik atau rupiah yang terkumpul, akan didonasikan untuk rehabilitasi TK dan PAUD, lewat Yayasan ASA (Act, Serve, Aspire).

Caranya mudah:
1.    Silakan masuk ke http://siapcerdaskan.com/
2.    Klik “saya mendukung dalam program #SiapCerdaskanBangsa” di sini: http://www.siapcerdaskan.com/dukungan-bunda
3.    Isi form sertifikat lalu bantu share di facebook untuk mengajak teman-teman kita yang lain untuk mengenal dan menyadari pentingnya peran nutrisi dan stimulasi di 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil.



Program ini juga didukung oleh gerakan 1000 Hadiah Pertama, yaitu program pengumpulan donasi oleh Morinaga berupa mainan edukasi dan buku layak baca anak sebagai perangkat stimulasi perkembangan otak, kepada anak-anak yang membutuhkan. Program 1000 Hadiah Pertama merupakan program donasi nasional yaitu dengan menyediakan drop box donasi di setiap acara Parenting Seminar Morinaga yang diadakan di 15 kota, Multiple Intelligence Experience Dunia Generasi Platinum yang diadakan di 12 kota, 5 cabang KALCare di Jakarta dan cabang Kalbe Nutritionals di 15 kota di seluruh Indonesia. Seluruh donasi akan didistribusikan ke sekolah-sekolah yang membutuhkan di berbagai kota seperti Jakarta, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Palembang, Banjarmasin dan Makassar.




Seminar Edukasi Gerakan #SiapCerdaskanBangsa kali ini mengangkat dua topik utama yaitu:
1. “Stimulasi Tumbuh Kembang Anak: Optimalkan Perkembangan Otak dan Daya Tahan Tubuh, Penentu Kecerdasan Multitalenta Si Kecil ” oleh DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K)- Dokter Ahli Tumbuh Kembang Anak, dan
“Mengenali Berbagai Macam Gangguan Kekebalan dan Alergi Pada Anak: Agar Anak Tidak Mudah Sakit” oleh DR. Dr. Anang Endaryanto SpA(K) – Dokter Ahli Alergi-Imunologi Anak
2. “Kiat Pola Asuh Anak: Kenali Kecerdasannya Sejak Dini, Wujudkan Multitalentanya” oleh Dr. Rose Mini M.Si – Psikolog.

Anak adalah anugerah yang luar biasa, maka kita sebagai  orangtua wajib memberikan pola pengasuhan yang terbaik yang merupakan hal terpenting di 1000 hari awal kehidupan buah hati kita. Peran orangtua, ayah dan ibu, sangat besar dalam membuka jendela masa depannya. Dapat mendampinginya di setiap waktu adalah saat-saat yang membahagiakan, termasuk memastikan kecukupan nutrisi terbaik untuknya. Tentu kita juga tidak ingin melewatkan momen terpenting di awal kehidupannya yang tidak akan terulang. Kehadiran kita tidak terbatas waktu siang atau malam, kehadiran yang berarti tidak hanya fisik tetapi terlebih mampu membangun ikatan emosional antara orangtua dan anak. Kita sebagai orang tua tentu ingin selalu hadir di setiap helaan napas terpenting pada awal kehidupan buah hati kita.


Menurut DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Dr. Wawan, Otak anak cerdas terbentuk dan bekerja dengan system yang sangat terkoordinasi, cepat dan unik. Otak dan daya tahan tubuh saling bergantung dan bekerja timbal balik, maka pemberian stimulasi menjadi sama pentingnya dengan nutrisi, terutama selama 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) Si Kecil.
Di sesi ini Dr. Wawan membahas beberapa sub topik, yaitu:
1.    Otak Anak Cerdas, yang terdiri dari
1.1.Mengenali proses pembentukan dan bagian-bagian otak anak.
1.2.Bagian-bagian utama otak anak, yaitu batang otak, serebelum, otak tengah, system limbic, korteks dan bagian-bagian dari korteks.
1.3.Mengenal cara kerja setiap bagian utama otak anak.
1.4.Kunci utama fungsi kerja otak anak; nutrisi dan stimulasi.
2.    Membentuk dan mengembangkan struktur dan fungsi otak anak dalam pengasuhan sehari-hari , yang mencakup:
2.1.Mengenali 5 kata kunci dalam memahami perkembangan otak anak.
2.2.Masa dalam kandungan hingga usia 3 tahun yang merupakan masa penentu perkembangan otak anak.
2.3.Cara mengembangkan struktur dan fungsi otak anak usia 0-3 tahun, hal-hal apa saja yang si kecil lakukan dan hal-hal yang harus kita lakukan.

Perkembangan anak akan mencapai periode emas pada 1000 HPK dan dalam periode ini, sel otak dapat berkembang hinggal 80% dari potensinya. Hal ini menandakan bahwa pemberian nutrisi dan stimulasi menjadi kunci utama untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak.



Pembicara kedua adalah DR. Dr. Anang Endaryanto SpA(K) yang mengajak kita untuk mengenali berbagai macam gangguan kekebalan dan alergi pada anak: agar anak tidak mudah sakit. Di sesi ini Dr. Anang berbagi tentang pertahanan tubuh anak yang mencakup pengetahuan tentang:
1.    Sistem pertahanan tubuh anak, yaitu system yang dibentuk dengan tujuan untuk melindungi tubuh anak terhadap serangan dari dalam maupun dari luar tubuh anak.
2.    Pembentukan system pertahanan tubuh anak; dimana sel-sel yang bertanggungjawab pada system pertahanan tubuh alami dan system pertahanan tubuh spesifik sebagian sudah dibentuk pada 3 bulan pertama kehamilan dan berkembang bertahap sampai saat kelahiran.
3.    Gangguan daya tahan tubuh anak dan cara menanganinya; karena ada 4 macam gangguan utama pada daya tahan tubuh anak, yaitu: defisiensi kekebalan, otoimun, alergi dan kanker.
4.    Dampak jangka panjang gangguan daya tahan tubuh pada kualitas hidup anak, hal ini mencakup kekurangan gizi pada ibu hamil, stress pada ibu hamil, proses kelahiran, pemberian ASI, ibu hamil perokok, pemberian MPASI dan pemberian antibiotic pada ibu hamil dan bayi.

Gangguan daya tahan anak ini dapat diatasi dengan menghindari pencetus gangguan daya tahan tersebut dan juga pemberian nutrisi anak yang seimbang dan tepat untuk tahapan usia anak tersebut.



Pada sesi kedua Dr. Rose Mini M.Si – Psikolog berbagi tentang “Kiat Pola Asuh Anak: Kenali Kecerdasannya Sejak Dini, Wujudkan Multitalentanya”. Bunda Rose mengajak kita untuk mengenali konsep Multiple Intelligence atau Kecerdasan Majemuk. Kecerdasan Majemuk adalah kecerdasan anak yang mencakup banyak bidang dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu:
1.       Kecerdasan Linguistik yaitu kecerdasan dalam berbicara, membaca dan mengeja.
2.       Kecerdasan Logika Matematik yaitu kecerdasan dalam memahami kondisi/ situasi menggunakan logika
3.       Kecerdasan Musikal yaitu kecerdasan dalam memahami musik, baik menyanyi maupun memainkan alat musik
4.       Kecerdasan Kinestetik yaitu kecerdasan untuk menggunakan anggota tubuh
5.       Kecerdasan Visual Spasial yaitu kemampuan untuk memahami arah, ruang dan bentuk akhir dari suatu benda, termasuk berpikir kreatif.
6.       Kecerdasan Interpersonal yaitu kemampuan dalam berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain
7.       Kecerdasan Intrapersonal yaitu kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri.
8.       Kecerdasan Naturalis yaitu kemampuan mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun lingkungannya.



Kita dapat mengenali dan mengasah Multiple Intelligence Si Kecil dengan cara
1.    Mengenali gaya belajarnya; apakah Si Kecil termasuk tipe pembelajar visual, auditory atau kinestetik.
2.    Menerapkan pola asuh berupa perawatan, sosialisasi dan komunikasi  yang sesuai dengan tahapan perkembangan, situasi, lingkungan, nilai dan kepribadian anak dan orangtua.

Ada berbagai cara mengenali kecerdasan Si Kecil, yaitu dengan
1.    Mengobservasi kekurangan dan kelebihannya, agar kita dapat membuat program untuk menggerakkan Si Kecil.
2.    Membuat program untuk menstimulasi Si Kecil.
3.    Mengevaluasi tentang program stimulasi yang telah dilakukan.



Mencerdaskan kehidupan bangsa, tentunya dimulai dari anak-anak di rumah. Morinaga sebagai bagian dari Kalbe Nutritionals mendukung  gerakan #SiapCerdaskanBangsa dengan memberikan pilihan nutrisi yang tepat untuk anak-anak, berupa:
1.    Morinaga Platinum; Chil Kid, Chil School Platinum, dan Chil Kid Platinum Stick Pack, kini dengan MoriCare+ Prodiges untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.
2.    Morinaga Gold; yang terdiri dari Chil Kid Gold dan Chil School Gold.
3.    Morinaga Soya dengan MoriCare+ Prodiges untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si kecil yang alergi susu sapi, terdiri dari Chil Kid dan Chil School Soya.
4.    Morinaga P-HP dengan MoriCare+ Prodiges untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil yang alergi susu sapi, yaitu Chil Kid P-HP
5.    Morinaga Chil-Go! yang merupakan produk inovasi dalam bentuk susu cair siap minum dengan Prebiotik Inulin 1000mg yang hadir sebagai pendamping dari susu Morinaga Chil Kid dan Morinaga Chil School.


Untuk mendukung menciptakan Anak Generasi Platinum yang Multitalenta kita perlu memberikan nutrisi dan  stimulasi dari orangtua. Morinaga mempersembahkan 6 Langkah Aktivasi Multitalenta dengan dukungan Pola Asuh, Gaya Belajar dan kecerdasan Emosi yang tepat untuk mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Indonesia.
1.    Kecerdasan Multitalenta yang mencakup tercukupinya kebutuhan  Si Kecil akan Protein, Vitamin B12 dan Zat Besi.
2.    Pertahanan Tubuh Ganda yang mencakup tercukupinya kebutuhan SI Kecil akan Zinc dan Vitamin A.
3.    Tumbuh Kembang Optimal dengan mencukupi kebutuhan Si Kecil dengan Kalsium tinggi dan Vitamin D.
4.    Pola Asuh yang sesuai dan tepat sejak dini.
5.    Mengembangkan kemampuan dan kecerdasan dengan membangun gaya belajar yang sesuai dan efektif.
6.    Kecerdasan Emosi yang berkembang dengan baik.


Lengkap sekali ya, informasinya. Bagi orangtua yang berada di luar Jakarta, silakan nantikan kehadiran Morinaga Seminar Parenting di kota anda ya. Mari  kita kenali dan asah Multiple Intelligence Si Kecil untuk menjadi generasi platinum yang multitalenta. Kita dapat mengikuti informasi parenting, kesehatan dan tumbuh kembang anak di Facebook  Morinaga Platinum, Twitter MorinagaID dan Instagram MorinagaPlatinum.

3 comments:

  1. seneng yah sama kampanye siap cerdaskan bangsa ini Ka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ta. Yuk sukseskan! :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete