Saturday, March 15, 2014

Ikan Kuah Asam


Sejak kecil, saya sudah menyukai ikan. Saya ingat, alm. Ibu bilang bahwa zodiak saya adalah Pisces, lambangnya ikan, makanan pintar. Jadi supaya jadi anak pintar, saya tersugesti untuk menyukai ikan. Lagi pula, di Manado ikan memang menjadi menu sehari-hari, selain itu ikan di Manado segar-segar, lezat sekali. 
Salah satu menu kesukaan saya adalah ikan kuah asam. Karena selain rasanya yang segar, cara memasaknya juga mudah, tinggal cemplung-cemplung :) Biasanya Ibu menggunakan ikan tude atau kakap merah untuk ikan kuah asam ini. Menurut saya, ikan tude lebih lezat, sedangkan ikan kakap merah warnanya lebih menarik. 

Kali ini saya menggunakan ikan kakap putih, karena saya tidak mendapatkan ikan tude dan kakap merah.Tapi nggak masalah, karena ikan kakap rasanya lezat dan dagingnya tebal, tulangnya pun jarang-jarang dan besar-besar. Jadi aman dikonsumsi oleh anak-anak, tapi lebih aman bila menggunakan ikan kakap yang sudah dibuang durinya. Saya tidak menggunakan fillet, karena kurang PD memasaknya, takut hancur :)


Bahan-bahan:
Ikan kakap/ Tude, potong 2 bagian
Jeruk & Garam, untuk melumuri ikan
Air untuk merebus ikan

Bumbu:
2 batang serai, memarkan 1 cm jahe, memarkan/iris tebal 1 cm lengkuas, memarkan/ iris tebal 3 lbr daun jeruk, remas 1 lbr daun pandan, remas 1/2 sdt garam 1 sdt lada 10 buah cabai rawit merah (sesuai selera) 3 sdm air jeruk nipis 1 genggam daun kemangi 3 buah cabai merah 5 buah bawang merah, iris 2 siung bawang putih, iris 3 buah tomat, potong-potong

Cara memasak:
Bersihkan ikan kakap dengan air mengalir, buang isi perut dan sisiknya, potong jadi dua. Lumuri ikan kakap dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 10 menit.
Rebus air, masukkan serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, daun pandan, garam dan lada, masak sampai mendidih.
Masukkan ikan kakap, bawang merah, bawang putih, cabai merah, masak sebentar hingga ikan lunak dan wangi.
Masukkan potongan tomat, air jeruk nipis, daun kemangi dan cabai rawit merah, aduk rata, masak sebentar, angkat, dan siap disajikan.

Catatan:
Untuk ikan kuah asam, lebih lezat jika menggunakan ikan laut. Biasanya ikan tude, kakap merah, kakap putih, atau ikan bandeng.
Bumbu-bumbu seperti cabai dan tomat, disesuaikan dengan warna ikan agar lebih menarik. Saya menggunakan cabai merah dan tomat merah, untuk mengimbangi warna ikan kakap putih yang cenderung pucat.
Karena anak-anak menyukai kuah asam, maka cabai tidak saya iris.


No comments:

Post a Comment