Wednesday, February 10, 2016

#TUMLuncheon Jakarta: Fun Yoga – Investment for Healthy Bone




Bertema Be Kind to Your Body, Sabtu 30 Januari 2016 yang lalu The Urban Mama mengadakan #TUMLuncheon: Fun Yoga – Investment for Healthy Bone. #TUMLuncheon ini diadakan di Comma. 3rd Floor, One Wolter Place, Jalan Wolter Monginsidi 63B, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan 12180.  The Urban Mama mengajak kita untuk memulai tahun ini dengan lebih baik, salah satunya dengan lebih memperhatikan kesehatan tubuh, yaitu dengan berolahraga. Yoga adalah salah satu pilihannya, karena sangat menunjang kesehatan, terutama kesehatan dan kekuatan tulang kita.

Comma Indonesia
Bekerjasama dengan Protecal,  di #TUMLuncheon Januari 2016 ini The Urban Mama mengajak kita untuk menjaga tulang tetap sehat kini dan di masa depan, untuk diri sendiri dan tentunya untuk keluarga tercinta. Di acara #TUMLuncheon ini, selain melakukan yoga bersama, saya berkesempatan mengecek kepadatan tulang yang sudah disiapkan oleh Protecal. Saya duduk di kursi dan kaki kanan dibersihkan dengan losion khusus, lalu diletakkan di atas mesin pengecek kepadatan tulang. Alhamdulillah hasilnya normal, tapi mungkin karena saya sudah berusia di atas 30 tahun dan sudah memiliki dua anak laki-laki dan juga agak jarang berolahraga beberapa bulan terakhir ini, hasilnya hampir mendekati Osteopenia. Osteopenia adalah suatu kondisi yang berarti kepadatan mineral tulang (BMD/Bone Mineral Density) yang lebih rendah dari puncak BMD normal tetapi tidak cukup rendah untuk diklasifikasikan sebagai osteoporosis. Jadi saya harus mulai semangat lagi berolahraga dan menjaga kepadatan tulang saya. Saya juga mendapat goodie bag berupa #TUFShirt dari New Balance yang langsung dipakai untuk yoga dan paket dari Protecal.

Abaikan bentuk kaki yang poco-poco kokoh kuat berlapis baja ini ya! 

Sesi pertama dimulai dengan Yoga bersama dengan instruktur Mama Lusiana dan asistennya Mbak Felizia. Gerakan-gerakan Yoga dipusatkan pada gerakan-gerakan yang membantu untuk memperkuat tulang kita. Mama Lusi adalah Instruktur Yoga bersertifikat lulusan dari Purinawa yang juga merupakan instruktur Aerobic dan Body Language. Berkat berolahraga dan bersikap baik terhadap tubuhnya, di usianya yang sudah 40 tahun dengan 3 orang anak yang salah satunya sudah duduk di bangku kuliah, Mama Lusi tetap fit dan aktif mengajar serta tampil di berbagai festival, dan mengisi acara-acara kesehatan dan kecantikan.  Sangat menginspirasi ya, saya langsung semangat 45 juta deh untuk kembali aktif berolahraga seperti biasanya, supaya memiliki tubuh yang sehat dan fit seperti Mama Lusi dan Mbak Felizia J

 



Mama Lusi dan Mbak Felizia dari Purinawa Yoga
Setelah selesai yoga bersama, kami dipersilahkan untuk merehidrasi tubuh dengan air mineral dan mencicipi snack sehat dan buah-buahan. Lalu acara dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu sesi berbagi dengan Mbak Fransisca Emi dari Protecal. Di sini Mbak Emi berbagi informasi tentang Pentingnya Investasi untuk Tulang Sehat Mulai Sekarang dengan Protecal.

Saya setuju sekali dengan pernyataan Mbak Emi bahwa kesehatan adalah kekayaan kita yang paling utama, dan bahwa kesehatan kita akan menjadi suatu pengeluaran apabila kita tidak menyempatkan diri untuk berinvestasi menjaganya.


Camilan Sehat dan Protecal
Di sesi ini Mbak Emi menjelaskan bahwa tulang kita hidup. Setiap hari tubuh memecah tulang dan membentuk tulang muda. Semakin bertambah usia, ada lebih banyak tulang yang dipecah daripada tulang muda yang dibentuk. Tanpa konsumsi makanan yang tepat dan olahraga teratur, tulang bisa rapuh dan muncul osteoporosis. Osteoporosis meningkatkan peluang terjadinya fracture/ retak pada tulang seperti panggul atau pergelangan tangan.

Fransisca Emi dari Protecal
Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki tulang yang rapuh, karena kerapuhan tulang berlangsung dalam waktu panjang dan tanpa gejala atau rasa sakit. Oleh karenanya, saya beruntung sekali dapat mengecek kepadatan tulang di  #TUMLuncheon ini. Mengecek kepadatan tulang ini dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali agar kita dapat mengetahui kondisi tulang kita yang terkini.

 

#TUMFamily Kesayangan :)
Agar dapat terus bergerak, menikmati hari tua, aktif seutuhnya dan tetap cantik, sudah seharusnya kita menjaga kesehatan tulang kita. Tulang adalah penopang tubuh yang utama. Tanpa tulang yang sehat, tubuh tidak akan mampu beraktivitas dengan baik. Di dalam tulang terkandung kalsium, yang menjaga tulang tetap kuat.

 

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga tulang tetap sehat, beberapa diantaranya:

1.       Mengonsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D

2.       Berolahraga teratur

3.       Menjaga gaya hidup sehat

 


Puncak masa tulang berada pada usia 30 tahun. Wanita memiliki factor risiko osteoporosis lebih tinggi daripada pria karena adanya penurunan kadar hormon esterogen terutama setelah menopause. Esterogen ini adalah hormon yang membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Saya mendapat banyak ilmu dan pencerahan dari penjelasan Mbak Emi ini. Jadi terinspirasi untuk menabung kalsium dan memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat untuk mempertahankan kepadatan tulang.

 


Kebutuhan kalsium rata-rata orang dewasa Asia adalah 1000mg/ hari. Sedangkan rata-rata yang dikonsumsi adalah 450mg/ hari (berdasarkan data dari lovebonehealth.org). Maka kita harus mencukupinya dengan suplemen kalsium.

Untuk itu ada Protecal sebagai pilihan; alasannya adalah:

1.       Efektif dan Aman

Dengan bentuk sediaan tablet effervescent yang lebih mudah diserap tubuh, Protecal Solid aman dikonsumsi setelah makan. Cukup 1 tablet sehari untuk memenuhi kebutuhan harian kita.

2.       Sensasi Segar yang Sehat

Semua manfaat kalsium dan vitamin Protecal Solid ini bebas gula, hadir dalam rasa jeruk-raspberry yang menyegarkan.

3.       Formula Solid Pelindung Tulang

Kandungan Protecal Solid bekerja sinergis untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Mengandung kalsium 250 mg sebagai komponen pembentuk tulang, Vitamin D 300 IU untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium, Vitamin B6 15 mg sebagai nutrisi untuk tulang kuat, dan Vitamin C 1000 mg untuk membantu regenerasi tulang dan menjaga daya tahan tubuh.

4.       Tersedia dalam kemasan strip yang praktis dan higienis/

5.       Harga lebih ekonomis: Rp. 26-28rb/tube (Januari 2016)

6.       Tersedia juga Protecal Osteo dengan kandungan 600mg kalsium dan 400IU Vitamin D untuk mempertahankan kepadatan tulang dan gigi dan juga untuk mencegah osteoporosis.

7.       Selain itu ada Protecal Defense yang mengandung 1000 mg Vitamin C, 10 mg Zinc, dan 25 mg Echinacea extract yang bekerja sinergis menjaga daya tahan tubuh dan membantu kita untuk beraktivitas seharian.

 

 

Seluruh Peserta #TUMLuncheon
Senang sekali berkesempatan hadir di #TUMLuncheon kali ini. Bertemu teman, dan mendapat banyak pencerahan. Terima kasih The Urban Mama atas acaranya yang selalu menginspirasi, Comma Indonesia untuk tempatnya yang nyaman dan makanannya yang lezat dan bergizi, Mama Lusi dan Mbak Felizia atas ilmu gerakan-gerakan yoganya, Mbak Emi dan Protecal atas ilmunya. Saya jadi sadar bahwa kesehatan tulang saya bukan hanya untuk diri saya sendiri, melainkan untuk menjaga orang-orang yang saya cintai.

 

Keep Calm and Drink Protecal!

 

 

 




4 comments:

  1. Thanks updatenya teteh ekaa!
    Bisa dapat ilmunya nih walau nggak hadir ke comma :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 cindyyy.. I wish u were here

      Delete
  2. Aku abis minum protecal dong ☺️

    ReplyDelete