Friday, March 13, 2015

Hari Ginjal Sedunia 2015

12 Maret 2015 adalah Hari Ginjal Sedunia. Artinya hampir 3 bulan ini Bapak menjalani cuci darah 2 kali dalam seminggu. Mulai dari cuci darah melalui pembuluh darah di pangkal paha, berlanjut ke leher, dan sekarang melalui pembuluh darah di tangan. Alhamdulillah Bapak sabar, berat badan Bapak berangsur naik, walaupun belum normal. Yang jelas semangat Bapak sudah mulai menyala, sudah mulai terbiasa dengan rutinitas cuci darahnya.


Dulunya Bapak itu orang yang super aktif. Rajin dan sangat mencintai pekerjaannya sebagai seorang forester. Dari dulu, Bapak selalu mengajak kami untuk mencintai hutan, bahkan Bapak memberi kami tanah yang ditanaminya berbagai macam pohon. Kata Bapak, kalau hutan lestari, anak cucu pasti berseri :) Hebat kan, kayak di cerita-cerita raja jaman dahulu kala.

Karena kesibukannya, Bapak sering melewatkan minum air putih. Sebagai "orang jaman dulu", Bapak terbiasa puasa. Minum air putih terdengar sepele, padahal, minum air putih itu penting banget ya. Karena dulunya Bapak ini kuat dan jagoan, jadi agak repotnya ya pas sudah sepuh gini. Semoga Bapak selalu sabar dan semangat. Aamiin.


Makanya, kita yang masih muda ini selalu jaga kesehatan ya. Jangan anggap remeh minum air putih walaupun hanya segelas.
Love our kidney, drink a glass of water. Semoga para penderita gagal ginjal dan keluarganya selalu sabar dan semangat.
Err.. ini sih pepotoan euweuh gawe di RS Ginjal Ny. R.A. Habibie. Habisnya, lama nungguin Bapak cuci darah. 4-5 jam. Suka sama konsep designnya, simple a la a la Kinfolk/ industrialist dan kekinian (#apeu hih #ngarang). Gak terlalu terasa aura rumah sakitnya, nyaman tempatnya - ya, senyaman2nya rumah sakit lah ya. Thank you Pak Habibie dan Ibu Ainun yang sudah bikin rumah sakit ini di Bandung, jadi Bapak gak perlu berobat jauh-jauh ke luar negeri, cukup 30 menit - 1 jam saja ke Tubagus Ismail :) Canggih deh, Pak Habibie dan Ibu Ainun! Oh ya, team dokter dan perawatnya juga ramah dan murah senyum. Efek menenangkan deh, Alhamdulillah.

2 comments:

  1. semoga bapaknya tetap semangat!
    Btw itu yang di dinding musholla apa ya?

    _Erma (www.suratsurat.blogspot.com), numpang di id suami_

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. makasih ya, erma, doanya.
      yang di dinding mushala itu tempat untuk pegangan. biasa kalau di lorong rumah sakit di dinding suka ada tempat untuk pegangan gitu sisi kanan kiri. di mushala ini pipa pegangan dijadiin dekorasi. kreatif, ya! :)

      Delete