Saturday, September 19, 2020

Sahabat Terbaik adalah Diri Kita Sendiri

Senang sekali Agustus lalu kembali dipercaya @animo.indonesia untuk mengisi salah satu seri di virtual learning class "PRESERVE YOUR HARMONIOUS LIFE IN THE NEW NORMAL" bersama 3 expert lainnya, @thomaspakaya, @jakarta_mindfulness dan @afrianto_noor. Di seri ini, di satu sesi saya berbagi tentang "WRITING AT YOUR OWN PACE FOR YOUR HIGHEST SELF". 



Hati merasa hangat dan ikut tersenyum ketika para peserta berbagi tulisan tentang nama-nama mereka dan hal-hal yang membuat tidak nyaman namun memberi banyak pelajaran dalam hidup mereka. Apa makna dan kisah di balik nama Ibu @era.nimo, @riawatievi dan @nia_radinia, yang ternyata menyimpan banyak doa dan harapan yang kemudian membentuk pribadi mereka sampai saat ini. Begitu juga cerita tentang kabel listrik, taman depan rumah dan kucing, juga cerita tentang CCTV di rumah yang membuat tidak nyaman tapi ternyata memberi banyak pelajaran dalam kehidupan dan keputusan-keputusan dalam hidup mereka. Menarik ya?

Kadang hal-hal yang kita anggap sepele, ternyata memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk perasaan positif bagi hidup kita. Dengan menuliskannya, kita dapat mengekspresikan perhatian dan kecemasan kita, yang tadinya kusut di dalam benak jadi secara nyata dan terstruktur dalam bentuk kalimat dan dapat didiskusikan untuk kemudian bisa diambil hikmah yang membuat perasaan jadi lebih damai.

Di masa seperti ini, kita perlu sahabat yang mendengarkan, menyediakan waktu  buat kita, mendukung kita agar selalu semangat. Gak perlu jauh-jauh mencari orang yang sangat paham, mendukung, dan selalu menerima kekurangan dan kelebihan kita, karena ternyata sahabat terbaik itu adalah diri kita sendiri.

Will you be your bestfriend?

☘☘☘

#writherapybyeka #EkaGobel #MamaEka101 #EkaGobelXAnimoIndonesia
#ContentCreator #writherapy #journaling

No comments:

Post a Comment