Tuesday, August 14, 2012

sushi time


I'm not making art, I'm making sushi.
Masaharu Morimoto 



Bulan Ramadhan adalah bulan paling menyenangkan, karena kebersamaan dalam keluarga lebih terasa. Kalau Presiden Obama bilang, berkumpul dgn keluarga adalah the most important meeting of the day :')


Makanan favorite keluarga kami adalah sushi buatan Pop. Pop memang satu-satunya shokunin di keluarga kami, kalau saya yang bikin sebenarnya bisa juga sih, tapi entahlah... sushi buatan Pop memang yang paling juara. Mungkin juga karena laki-laki adalah syarat tidak tertulis untuk menjadi shokunin. Tradisi ini berasal dari tradisi kuno Jepang yang menempatkan laki-laki pada kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Alasan yang lebih masuk akal adalah karena suhu tubuh pria yang umumnya lebih rendah dari suhu tubuh wanita. Perubahan fisiologis setiap bulan yang dialami wanita menyebabkan wanita tidak sesuai untuk memegang makanan laut mentah yang rasa dan warnanya mudah dipengaruhi suhu tubuh orang yang memegang. Selain itu juga karena alasan kebersihan, karena pria tidak menggunakan kosmetik (seperti hand lotion) ataupun cat kuku. 



Kalau di rumah sedang tidak ada bahan untuk membuat sushi, kami biasa pergi ke kedai sushi terdekat. Enzo dan Dante suka sekali kani stick maki dan salmon maki. Mengonsumsi sushi mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, dan tidak membuat gemuk *alasaaan* :) Yang jelas, makan sushi bersama keluarga adalah sesuatu yang membahagiakan :)

No comments:

Post a Comment