Monday, December 14, 2009

mandi-mandi gembira

 

dulu, enzo punya kolam kuning ini. awal2 sih diisi air anget, lama2 diisi bola, nah sekarang uda bocor-bocor dan akhirnya cuma dipake buat maen2 n tidur2an aja. enzo seneng banget maen di kolam ini, tapi sayangnya kalo berendem di kolam ini emang perlu banyak air.

aku dan alm.omanya enzo gak mau kesenangan enzo untuk mandi-mandi gembira ini berakhir hanya karena kolam kuning ini bocor. akhirnya kami memutuskan untuk memandikan enzo pake cara konvensional. mandi sambil berdiri dan guyur2 pake gayung dari ember. tujuannya menstimulasi enzo untuk belajar berdiri seimbang (mulai mandi berdiri waktu enzo baru bisa berdiri.. sekitar 9-10 bulanan) dan dari pegang2 tepian ember untuk melatih enzo berjalan. 






pertama enzo diberdirikan di tepi ember, biarkan dia maen2 air. lalu menggosok gigi, setelah kumur (yg biasanya ditelen aja gitu) baru deh sabuni dan basuh wajah, kepala, badan dan kaki. setelah dibilas, kira2 air di ember sisa setengah, baru deh enzo dicelupin. enzo seneng sekali berendam di ember :) kadang gak mau diangkat dari acara berendemnya itu. 

 
 

berendem di ember ini aman lho, jadi gak perlu takut tenggelam. selain itu menghemat air juga :) cocok deh untuk mengenalkan balita pada air; sebelum terjun ke kolam betulan. 


jadi inget waktu pertama kali ngenalin enzo ke kolam renang betulan, mama/papa harus ikut nyemplung. soalnya enzo takut... hihihi..


oh ya, tentang mandi-mandi di dalam tubs ini bisa diliat di sini.

have a very happy baby bathing, parents!











No comments:

Post a Comment