Saturday, June 20, 2015

Tips Untuk Membantu Anak Tidur Nyenyak




Beberapa bayi ada yang  tidur sepanjang malam sejak lahir, begitu juga dengan  kedua anak saya Enzo dan Dante yang memiliki pola tidur seperti itu. Cara mereka untuk tertidur nyenyak juga berbeda; anak pertama saya Enzo, dapat tidur di mana saja – bisa di box atau bersebelahan dengan saya atau Pop, yang penting kami berada dalam satu ruangan bersamanya. Sedangkan anak kedua saya Dante, dapat langsung tertidur nyenyak bila ada skin to skin contact – tidur berpelukan.  Begitu juga dengan mengempeng; karena bayi dilahirkan dengan reflex mengisap agar ia mampu menyusu, maka saya dan Pop sepakat bahwa bayi kami perlu diizinkan untuk mengisap hingga puas. Saat Enzo bayi, karena saya sering pulang kantor larut malam, tidak bermasalah tidur nyaman dengan empeng. Sedangkan Dante akan lebih nyaman bila tidur sambil menyusu langsung.  Yang paling utama adalah kami semua dapat tidur nyenyak dan nyaman bila tempat tidur dan kamar bersih dan bebas nyamuk dan serangga.


Meskipun Enzo dan Dante memiliki kebiasaan tidur yang baik, sewaktu-waktu mereka juga pernah terbangun  atau menangis di tengah malam; karena ketakutan, mimpi buruk, suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas, mengompol, digigit serangga/ nyamuk, atau karena  lapar/ haus.  Dulu, secara bergantian saya dan Pop akan memeriksa dan mengganti  popoknya (sekarang mengantar mereka ke toilet dan mengganti pakaiannya). Lalu saya akan menyusui atau Pop akan membuatkan susu botol (sekarang memberi  mereka minum air putih segelas). Saya dan Pop juga biasa menggendong/ mengayun-ayunkannya sebentar sambil menyanyi, mengusap punggungnya atau memijat lembut kakinya, atau memeriksa dan mengoleskan krim untuk bagian tubuhnya yang digigit nyamuk. Untuk acara menggendong, sekarang saya bebas tugas :D Tugas menggendong sekarang sepenuhnya tugas Pop karena anak-anak sudah terlalu berat untuk saya gendong :)


Berikut ini adalah tips untuk membantu bayi dan anak-anak agar tidur nyenyak dengan nyaman:
1.       Badan, tempat tidur dan kamar dalam kondisi bersih dan nyaman; tidak berkeringat, kamar bebas nyamuk dan serangga, udara segar.
Enzo dan Dante biasa menyikat gigi sebelum tidur, buang air kecil, mencuci tangan dan kaki dan mengganti pakaian dengan pakaian tidur dari katun yang longgar dan nyaman. Mereka juga suka menyisir rambutnya dan memakai wangi-wangian atau meneteskan minyak beraroma lavender di bantalnya.  

Saya mengatasi gangguan nyamuk di kamar tidur anak dengan Baygon Liquid Elektrik; perlindungan anti nyamuk yang tepat untuk kamar anak, tanpa asap dan tanpa repot.  Baygon Liquid Elektrik ini memiliki tombol praktis untuk pengaturan yang dapat mengontrol pemakaian di saat nyamuk sedikit atau banyak.  Desainnya juga ramping jadi tidak memakan tempat di kamar tidur. Juga tidak berasap dan tidak menyengat dengan  aroma yang menenangkan seperti  Lavender, Eucalyptus, dan Natural Pine. 

2.       Cukup makan dan menyusui langsung dari payudara atau menyusu dari botol sebelum tidur.
Bagi anak-anak yang terbiasa menyusu langsung dari payudara, biasanya lebih mudah tertidur nyenyak; bahkan saya juga dapat ikut tertidur sekitar 10-20 menit pertama. Kegiatan menyusui ini memberi rasa puas, nyaman dan aman bagi saya dan anak-anak.  Perut yang kenyang juga membuat anak-anak tidur nyenyak.

3.       Memiliki rutinitas yang menyenangkan sebelum tidur.
Sebelum tidur kami memiliki kegiatan rutin seperti mengobrol, mendongeng atau membacakan cerita (sekarang gantian anak-anak yang membacakan cerita atau mendongeng), menyanyi lagu kesukaan, mendengarkan music, berdoa bersama, saling berpelukan, bermaafan  dan mencium pipi lalu mengucapkan “I love You” dan selamat tidur. Enzo dan Dante sering berlomba mencium paling banyak :) Sesekali saya dan Pop akan memberikan pijatan bila siang harinya mereka melakukan aktivitas yang padat seperti bersepeda atau berenang. 

Bila saya dan Pop masih ada pekerjaan, kami mengerjakannya di dalam kamar. Kami akan meninggalkan kamar saat anak-anak sudah terlelap. Saya biasanya merapikan kamar tanpa bersuara, melipat pakaian yang digantung karena biasanya nyamuk suka bersembunyi di dalam pakaian yang digantung. Saya dan Pop juga suka mengetik di dalam kamar, jadi anak-anak tertidur tanpa merasa “kehilangan”.

4.       Biarkan bayi dan anak-anak mengembangkan kebiasaan menenangkan diri sebelum tidur.
Enzo dan Dante senang berpelukan dan memeluk bantal guling. Enzo senang langsung menutup mata sedangkan Dante senang membetulkan pakaian dan posisi tidurnya. Beberapa anak suka memelintir selimut, ujung bantal, boneka, atau mengisap jempol. Bagi kami, meskipun Enzo dan Dante tidak tergantung pada benda-benda penenang, penggunaan benda-benda penenang ini tidak masalah selama terjaga keamanan dan kebersihannya. Seperti kebiasaan menyusui dan mengompol, seiring bertambahnya usia dan perkembangannya, anak-anak akan berhenti melakukannya.

5.       Jika anak-anak terbangun untuk makan/ menyusu  atau buang air di malam hari, beri makan/ susui  dan antar ke toilet/ ganti popoknya tanpa keributan.
Saya menyusui anak-anak di tempat tidur tanpa suara, atau mengganti popoknya dengan lembut dan cepat tanpa suara lalu kembali meredupkan lampu. Kami juga tidak mengajaknya mengobrol atau bermain jadi mereka mengerti bahwa malam hari adalah waktunya untuk tidur.

Inilah beberapa tips yang dapat saya terapkan untuk Enzo dan Dante. Semoga dapat membantu bayi dan anak-anak lain untuk tidur nyenyak dan berkualitas.  

2 comments:

  1. ya ampuuun itu enzo dan dante emang dari kecil gaya tidurnya gemezin gitu yaaa? :D

    btw, tips2 kita kurang lebih sama ya Ka.. terutama yang kamar nyaman dan pake baygon elektrik liquid. Ngaruh banget buat ngurangin nyamuk..

    ReplyDelete
  2. zata, kalau lagi tidur memang sweet and sound banget. tapi begitu mereka bangun, langsung deh full battery hahaha...
    iya ya ta, abisnya dari kita kecil juga taunya baygon ya, jadi sampai sekarang juga pakenya ya baygon. jaminan mutu :)

    ReplyDelete